Pengertian Makanan Sehat dan Bergizi bagi Tubuh Anda

Pengertian makanan sehat memang bermacam-macam di mata masyarakat, mulai dari yang menilai berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsi hingga jumlah dan cara pengolahan makanan tersebut. Pengertian makanan sehat adalah makanan yang mengandung nilai gizi yang seimbang dan mengandung berbagai zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seseorang untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Sejak kecil anda pasti pernah mendengar istilah makanan 4 sehat 5 sempurna yang merupakan acuan bagaimana mengatur pola makan anda setiap hari.

Saat ini istilah 4 sehat 5 sempurna sudah jarang digunakan dan mulai diganti dengan bentuk piramida atau tumpeng makanan sehat dimana disana dijelaskan mengenai pengaturan pola makan dan juga pola hidup yang sehat. Untuk itu di dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian makanan sehat dilihat dari anjuran bagaimana mengkonsumsi makanan sehat baik jenis maupun jumlahnya berdasarkan piramida atau tumpeng makanan sehat di negara kita.

Pengertian Makanan Sehat, Anjuran Makan Berdasarkan Piramida Makanan Sehat

Piramida atau tumpeng makanan sehat merupakan sebuah cara yang digunakan oleh pemerintah untuk mengajarkan bagaimana cara mengatur pola makanan seseorang agar sesuai dengan pengertian makanan sehat. Dengan mengikuti pola yang disajikan dalam bentuk piramida makanan ini kita dapat melakukan gaya hidup sehat secara sederhana. Mari kita simak pembahasannya berikut ini!

  • Baris pertama/dasar : 8 gelas air putih.

Anjuran pola makan yang pertama ditekankan dalam piramida atau tumpeng makanan sehat adalah pentingnya mengkonsumsi air putih. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari kita akan mendapatkan banyak manfaat yakni dapat membantu agar tubuh kita tidak kekurangan cairan.

Selain itu kita juga bisa mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan banyak mengkonsumsi air putih dan bagi wanita air putih dapat membuat kulit anda semakin kencang dan segar secara alami. Mudah bukan? Berdasarkan  pengertian makanan sehat yang ditunjukkan dalam piramida makanan, jumlah minimal air putih yang harus kita konsumsi setiap hari adalah 2 liter atau setara dengan 8 gelas.

  • Baris kedua : karbohidrat.

Selanjutnya anjuran pola makan berdasarkan piramida atau tumpeng makanan sehat adalah makanan-makanan sumber karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu jenis makanan sumber energi yang baik bagi tubuh, dengan mengkonsumsi karbohidrat yang cukup setiap hari kita akan memiliki energi untuk menjalankan aktivitas harian dengan baik.

Perlu kita perhatikan bahwa dalam piramida makanan, sumber karbohidrat berada pada baris kedua sehingga kebutuhan akan jenis makanan ini lebih besar dibandingkan dengan jenis makanan lain. Yang termasuk dalam jenis makanan sumber karbohidrat adalah nasi, kentang, umbi-umbian, mie (termasuk bihun), jagung, dan berbagai produk tepung seperti biskuit serta roti. Konsumsi karbohidrat sebagai makanan pokok yang dianjurkan berdasarkan piramida makanan sehat adalah sebanyak 3-8 porsi setiap harinya.

  • Baris ke-tiga : buah dan sayuran.

Anjuran pola makan berdasarkan piramida atau tumpeng makanan di baris ketiga adalah konsumsi sayuran dan buah yang cukup. Sayuran dan buah-buahan berada pada satu tingkat karena memang kandungan kedua jenis makanan ini hampir serupa. Hampir seluruh sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral dan serat yang baik bagi tubuh. Konsumsi sayuran dan buah-buahan juga akan memberikan banyak keuntungan seperti melancarkan pencernaan karena kandungan serat di dalamnya sehingga berat badan kita dapat terkontrol dengan baik.

Selain itu dengan konsumsi sayuran dan buah berbagai jenis antioksidan di dalamnya dapat melancarkan metabolisme di dalam tubuh kita. Berdasarkan pengertian makanan sehat konsumsi sayuran dan buah dalam piramida makanan dianjurkan dikonsumsi secara bersamaan sesuai dengan porsinya dan bukan saling menggantikan. Akan tetapi dalam praktik sehari-hari anda bisa saja mengkonsumsi makanan ini secara bergantian satu sama lain.

Tidak ada batasan untuk jenis sayuran atau buah yang ingin anda konsumsi dalam piramida makanan sehat, namun untuk masalah porsi makanan kita dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran sebanyak 3-5 porsi dan buah-buahan sebanyak 2-3 porsi setiap harinya.

  • Baris ke-empat : sumber protein.

Anjuran pola makan yang ke-empat dalam piramida atau tumpeng makanan sehat adalah sumber protein bagi tubuh. Protein selain sebagai sumber energi merupakan komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk pembentukan hormon, enzim dan bahan-bahan kimia di dalam tubuh serta sangat penting dalam regenerasi sel-sel yang mati di tubuh kita.

Tidak hanya itu rambut dan kuku merupakan beberapa bagian ditubuh kita yang dibentuk oleh sebagian besar protein loh! Protein bersama dengan karbohidrat dan lemak merupakan sumber utama energi bagi tubuh yang sering disebut dengan makronutrien. Akan tetapi berbeda dengan karbohidrat dan lemak yang bisa disimpan di dalam tubuh, protein adalah satu-satunya makronutrien yang kebutuhannya harus dipenuhi dari makanan karena tidak ada cadangannya.

Sumber protein dibagi menjadi 2 jenis yakni protein nabati (berasal dari tumbuh-tumbuhan) seperti tempe, kacang kedelai dan jenis kacang-kacangan lainnya. Jenis berikutnya adalah protein hewani yang bisa anda penuhi dari berbagai jenis daging dan ikan, susu, yoghurt dan telur. Berdasarkan pengertian makanan sehat dalam piramida makanan porsi yang dianjurkan untuk kedua jenis sumber protein ini sama banyak yakni 2-3 porsi setiap harinya.

  • Puncak piramida

Puncak piramida makanan sehat diisi oleh kebutuhan kita akan garam, gula dan minyak yang mendapatkan tempat kecil dan dianjurkan untuk digunakan secukupnya saja dalam penyajian makanan kita sehari-hari.

  • Alas piramida/tumpeng

Bentuk piramida makanan sehat dari waktu ke waktu terus diubah untuk membuat masyarakat makin mengerti akan pentingnya gaya hidup dan pola makan yang sehat bagi kehidupan. Piramida makanan sehat dengan gizi seimbang saat ini menambahkan tingkatan baru yakni pada dasar/alas dari piramida atau tumpeng makanan sehat terdapat penekanan 4 prinsip dari gaya hidup sehat yaitu membiasakan makan makanan beraneka ragam (berdasarkan anjuran pada baris pertama hingga baris ke-empat), pola hidup bersih dengan cuci tangan setiap ingin menyiapkan makanan, saat akan makan dan setiap selesai buang air besar (BAB), pola hidup aktif dan olahraga yang teratur serta pemantauan berat badan.

Demikianlah sejumlah anjuran makanan berdasarkan pengertian makanan sehat dalam piramida makanan yang saat ini digunakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat menjalani hidup sehat. Setiap jenis makanan yang sudah disebutkan di atas dapat dikonsumsi berdasarkan keinginan dan kemampuan masing-masing keluarga di tempatnya masing-masing. Seperti contoh jika anda memiliki hasil panenan berupa jagung maka jagung bisa digunakan sebagai sumber karbohidrat dan tidak perlu bergantung pada beras/nasi. Asalkan semua jenis makanan yang dibutuhkan tubuh yakni karbohidrat, sayuran dan buah, sumber protein terpenuhi maka anda sudah memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh anda. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca sekalian